Minggu, 27 Mei 2012

Maraknya Siswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar di luar Sekolah


BAB I
PENDAHULAN

A.   Latar Belakang
Akhir-akhir ini banyak siswa yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Hal ini dikarenakan banyaknya siswa yang kurang paham dan mengerti materi-materi yang diajarkan oleh para pengajar di sekolah. Akibatnya banyak siswa yang memilih untuk memanggil guru privat atau mengikuti bimbingan belajar di lembaga-lembaga pendidikan.
Maka dari itu, masalah ini sepertinya sangat menarik untuk kita ketahui lebih dalam lagi. Selain itu, kami sebagai pelajar juga ingin mencoba membandingkan kualitas belajar siswa yang hanya belajar disekolah dengan siswa yang belajar ekstra dengan mengikuti bimbingan belajar di sekolah.

B.   Rumusan Masalah
1.     Faktor apa saja yang memndorong parea siswa untuk mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah?
2.     Efektifkah bimbingan belajar yang telah diikuti oleh para siswa?
3.     Apa saja hasil yang telah diperoleh siswa setelah mengikuti bimbingan belajar?
4.     Atas dorongan siapa siswa mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah?

C.   Tujuan Penelitian
1.     Mengetahui alsan siswa yang memilih untuk mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.
2.     Membandingkan hasil belajar siswa yang hanya belajar di sekolah dengan siswa yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.
3.     Mencari tahu kelebihan dan kekurangan bimbingan belajar yang telah di ikuti oleh para siswa.

D.   Manfaat Penelitian
1.     siswa mengetahui kelebihan dan kekurangan bimbingan belajar di luar sekolah.
2.     Dapat memberi solusi bagi siswa yang kurang bisa menangkap pelajaran di sekolah.



BAB II
LANDASAN TEORETIS

Bimbingan belajar merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh lembaga-lembaga atau organisasi yang bertujuan untuk memberikan pendidikan non-formal bagi para siswa.
Di zaman yang serba modern ini sudah banyak lembaga-lembaga yang menawarkan jasa dalam memberikan pendidikan kepada siswa dengan berbagai metode yang baru yang bisa menarik minat siswa untuk mengiokuti bimbingan belajar tersebut.
Kebanyakan para tentor yang mengajar di sebuah bimbingan belajar  tersebut adalah berasal dari mahasiswa atau mahasiswi yang mencari penghasilan lebih dengan member pendidikan yang mereka miliki kepada adik-adik kelasnya. Hal tersebut membuktikan adanya saling ketergantungan antara siswa yang membutuhkan pendidikan lebih dengan para tentor yang mengajar di lembaga tersebut.



BAB III
METODE PENELITIAN


A.   Tempat dan waktu penelitian
Pengambilan data dilakukan di kelas XI IA 5 pada waktu pelajaran Bahasa Indonesia.

B.   Subjek Penelitian
Subjek yang menjadi penelitian kami adalah para siswa dan siswi XI IA5 yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.

C.   Cara Pengambilan Data
Pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada siswa-siswa XI IA 5 yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.



BAB IV
HASIL PENELITIAN

Berdasarkan hasil wawancara yang kami lakukan dengan 35 orang siswa di XI IA 5 di peroleh data sebagai berikut:  sekitar 31,5% siswa tidak mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah, sementara  sisanya sekitar 68,5% siswa mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.
Para siswa yang mengikuti bimbingan belajar tersebut memilih mengikuti bimbingan belajar dengan alasan sebagai berikut:
1.     25% Karena kurang paham dengan penjelasan guru di sekolah
2.     16,5% Untuk sekedar mengisi waktu luang yang bermanfaat
3.     10% Karena dorongan dari orang tua
4.     17% Untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah

Namun, tidak sedikit siswa yang merasa kurang puas juga dengan bimbingan belajar yang di ikutinya karena berbagai alas an dan hasilnya sama saja dengan mereka tidak mengikuti bimbingan belajar. Tetapi ada juga yang berhasil mencapai nilai sempurna setelah mengikuti bimbingan belajar.


BAB V
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Kesuksesan seseorang dalam belajar tidak bergantung dari seseorang itu mengikuti bimbingan belajar atau tidak. Meskipun mereka mengikuti bimbingan belajar tapi tidak didasarkan pada rasa ingin bisa hal tersebut akan percuma saja. Semuanya tergantung dari diri kita masing-masing.

B.   Saran
1.     Sebaiknya sebagai seorang pelajar kita wajib belajar dengan sungguh-sungguh.
2.     Bagi para siswa yang mengiktui bimbingan belajar di luar  sekolah seharusnya lebih bisa menonjol di kelasnya.
3.     Bagi para pengajar di sekolah sebaiknya lebih memperhatikan muridnya.

BAB VI
LAMPIRAN

DAFTAR PERTANYAAN WAWANCARA

1.     Mengapa siswa ingin mengikuti bimbingan belajar?
2.     Apakah ada kemajuan dalam belajar ketika para siswa mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah?
3.     Apakah para siswa mengikuti bimbingan belajar atas desakan orang tua atau kemauan sendiri?
4.     Samakah pelajaran yang diberikan di bimbingan belajar dengan yang di ajarkan di sekolah?
5.     Berapa kali dalam seminggu para siswa  mengikuti bimbingan belajar?

Dari pertanyan-pertanyaan di atas diperoleh data  sebagai berikut:

1.     25% Karena kurang paham dengan penjelasan guru di sekolah
16,5% Untuk sekedar mengisi waktu luang yang bermanfaat
10% Karena dorongan dari orang tua
17% Untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah
2.     40% menjawab iya, 60% menjawab tidak.
3.     80%  menjawab atas kemauan sendiri, 20% atas kemauan orang tua.
4.     100% menjawab ya.
5.     Jawaban tergantung pada masing lembaga yang diikuti para siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar